Penerapan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas 2 SD Negeri Bayan Surakarta

Hilya Nur ‘Ainurrohmah, Moh Salimi, Silvia Khofifatul Damayanti, Sri Purwanti, Vella Agustina

Abstract

Membaca merupakan salah satu kemampuan dasar yang menjadi fondasi untuk keberhasilan di sekolah, sehingga dalam pendidikan dasar kemampuan membaca peserta didik sangat penting untuk menunjang perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas dua di SD Negeri Bayan Surakarta pada tahun ajaran 2023/2024 melalui pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) berbasis Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga siklus dengan enam kali pertemuan. Penelitian ini melibatkan seorang guru kelas dan 27 peserta didik yang terdiri dari (15 laki-laki serta 12 perempuan). Data dikumpulkan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif, meliputi observasi, tes, dokumentasi, analisa, refleksi, dan evaluasi. Analisa data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca yang signifikan, dengan hasil rata-rata skor 2 pada siklus I menjadi rata-rata skor 3 pada siklus II dan mencapai rata-rata skor 4 (maksimal) pada siklus III. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) efektif meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas dua SD Negeri Bayan Surakarta.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.