Meningkatkan Kemampuan Numerasi pada Siswa Melalui Permainan Edukasi ‘“Math Bingo”’ di SDN Bratan 3 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Meulia Permata Putri, Pepi Permatasari, Puspa Indah Pratiwi, Jenny Indrastoeti Siti Purwanti, Yanuar Isa Muhammadi

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang bermanfaat yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Matematika merupakan pelajaran yang sulit bagi sebagian siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN Bratan 3 dalam pelajaran matematika dengan memanfaatkan pembelajaran aktif metode permain “Math Bingo”. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bratan 3 tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus dan tiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas V SDN Bratan 3 mengalami peningkatan hasil belajar setelah mengikuti pelajaran dengan bermain bingo. Diketahui nilai t hitung untuk ketiga pasangan variabel sebesar 12.457, 11.336, dan 7.933 dengan signifikansi sebesar 0.000, hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan “Math Bingo”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya mengintegrasikan pembelajaran berbasis game dalam pembelajaran matematika untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menarik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.