Penggunaan Game Quizizz Pada Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Bratan 3 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Irma Meliana Priwardani, Ilmi Inayati, Jenny Indrastoeti Siti Purwanti, Titik Sri Sutarti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan aplikasi Quizizz pada siswa kelas III SD Negeri Bratan 3 Surakarta mengenai perkalian dan pembagian bilangan cacah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah 24 siswa. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan dua teknik yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes siklus I, siklus II, observasi dan refleksi dari setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi pada siklus I aktivitas guru secara keseluruhan dinilai baik, sedangkan aktivitas siswa secara keseluruhan dinilai cukup baik. Pada siklus 2 aktivitas guru dan siswa dinilai sangat baik. Hasil tes juga menunjukkan peningkatan yaitu pada siklus I rata-rata kelas sebesar 70 dengan persentase ketuntasan 46%, siklus II sebesar 72,08 dengan persentase ketuntasan 54,17%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.