Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V SD Negeri Nusukan Surakarta

Dewita Purwaningsih, Rizka Aulia Pratiwi, Rosita Yulia PutriPutri, Sukarno Sukarno, Istiqomatul Chasanah

Abstract

Hasil  belajar mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri Nusukan Surakarta yang masih  rendah disebabkan pelaksanaan pembelajaran  yang  berpusat pada  guru sehingga siswa jenuh dan cenderung pasif. Selama ini siswa lebih cenderung untuk menerima  informasi,  tidak  mencari  informasi  sehingga  materi  tersebut  kurang  membekas  dalam  diri  siswa. Tujuan  penelitian  ini  yaitu  untuk  menganalisis  pengaruh  Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V SDN Nusukan Surakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian ini berupa tes pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian PTK ini menunjukan pencapaian hasil belajar pengetahuan pada siklus I dengan presentase ketuntasan 58% meningkat pada siklus II yaitu 92%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model PBL berbantuan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Mendengar karena Bunyi (Bagian-Bagian Telinga) pada pelajaran IPAS kelas V.

Keywords

Problem-Based Learning, Media Video, Hasil Belajar, Penelitian Tindak Kelas

Refbacks

  • There are currently no refbacks.