Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V SD Negeri Nusukan Surakarta
Abstract
Hasil belajar mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri Nusukan Surakarta yang masih rendah disebabkan pelaksanaan pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga siswa jenuh dan cenderung pasif. Selama ini siswa lebih cenderung untuk menerima informasi, tidak mencari informasi sehingga materi tersebut kurang membekas dalam diri siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V SDN Nusukan Surakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian ini berupa tes pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian PTK ini menunjukan pencapaian hasil belajar pengetahuan pada siklus I dengan presentase ketuntasan 58% meningkat pada siklus II yaitu 92%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model PBL berbantuan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Mendengar karena Bunyi (Bagian-Bagian Telinga) pada pelajaran IPAS kelas V.
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.