Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mapel Pendidikan Pancasila Materi Keragaman di Lingkungan Sekitar Melalui Media Audiovisual

Idam Ragil Widianto Atmojo, Ayu Nur Cahyani, Toyib Nurcahyo, Wahyu Widi Wijayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila khususnya materi Keragaman di Lingkungan Sekitar dengan memanfaatkan media audiovisual. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Kemasan 1 Kota Surakarta di kelas 5 B yang terdiri dari 28 siswa, dengan rincian 13 laki-laki dan 15 perempuan. Proses penelitian dilakukan dalam 3 siklus, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada prasiklus, nilai rata-rata siswa tercatat sebesar 72,78 (46%), yang menunjukkan perlunya perbaikan. Setelah perbaikan pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 78,75 (64%), dan terus naik menjadi 86,78 (87%) pada siklus II. Pada siklus II, semua siswa telah mencapai KKM, menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.