Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Praktikum Pada Siswa Kelas V SD N Kemasan 1 Kota Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025
Abstract
Artikel ini membahas penerapan strategi pembelajaran mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang berorientasi pada praktik langsung. Hal ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dan kurangnya minat siswa terhadap strategi pembelajaran yang digunakan para master untuk meningkatkan hasil belajar pada materi sifat-sifat cahaya. Permasalahan yang diteliti adalah apakah pendekatan investigasi kelompok dapat meningkatkan kapasitas siswa praktikum untuk mengkarakterisasi kualitas cahaya, dengan tujuan akhir meningkatkan hasil belajar siswa. dengan menerapkan paradigma investigasi kelompok Slavin. Sampel penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri Kemasan 1 Surakarta adalah 24 siswa kelas V. Siklus pembelajaran dilakukan dua kali, yaitu pada tanggal 19 Agustus 2024 dan 23 Agustus 2024. Pemahaman interpretatif digunakan untuk menilai data kualitatif yang diperoleh dari observasi dan refleksi, dan hasilnya dinyatakan secara menyeluruh (pertimbangkan deskripsi). Statistika digunakan untuk menguji data kuantitatif hasil tes guna mengetahui apakah hasil belajar mengalami peningkatan. Temuan analisis menunjukkan bahwa 54% siswa menyelesaikan studi mereka sebelum tindakan, 83% menyelesaikannya setelah tindakan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa di kelas V SD Negeri Kemasan 1 Kota Surakarta pada tahun pelajaran 2024/2025 penerapan model investigasi kelompok terbukti mampu meningkatkan hasil belajar pada materi sifat-sifat cahaya.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.