Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Picture and Picture pada Materi Ekosistem intuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Sabranglor

Ade Yurika Isti Megawati, Eka Putri Aprilia, Rizky Nur Afifah, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Miftah Jayanti

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V SD Negeri Sabranglor. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 28 peserta didik kelas 5 SDN Sabranglor pada tahun ajaran 2024/2025. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes hasil belajar, serta dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian tindakan kelas di SDN Sabranglor dimulai dengan pengumpulan data observasi dan tes awal yang menunjukkan hasil belajar siswa dengan rata-rata 63,75, menandakan perlunya peningkatan. Pada siklus I, model pembelajaran problem based learning dengan picture and picture digunakan, namun hasilnya belum mencapai target dengan rata-rata nilai 73 dan n-gain 0,25. Perbaikan dilakukan pada siklus II dengan penjelasan lebih terstruktur, pengurangan jumlah anggota kelompok, dan peningkatan keterlibatan aktif siswa. Siklus II memiliki nilai n-gain 0,66 dengan kategori sedang dan memiliki rata-rata 88. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar menggunakan model “Problem Based Learning” dengan “Picture and Picture” yaitu siklus I diperoleh n-gain 0,25 dan siklus II n-gain 0,66.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.