Meningkatkan Kemampuan Menghafal dan Menulis Aksara Jawa dan Pasangannya Melalui Metode Penulisan Berulang di SD Negeri Kawatan Kelas VI

Gilang Sasmita, Fatdila Alika Amini, Fega Arif Rahmayanto, Matsuri Matsuri, Eko Fitriyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik kelas 6 SDN Kawatan dalam menghafal aksara Jawa menggunakan metode penulisan berulang. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, yang mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada Siklus 1, hasil menunjukkan bahwa tidak ada peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dengan rata-rata nilai sekitar 45. Setelah penerapan metode penulisan berulang pada Siklus 2, terjadi peningkatan signifikan, di mana semua peserta didik mencapai KKM, dengan sebagian besar memperoleh nilai 80 atau 90. Hasil ini menunjukkan bahwa metode penulisan berulang efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal aksara Jawa, mendukung relevansi pentingnya metode pembelajaran dalam membangun kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Keywords

Aksara Jawa, Penulisan Berulang, Pembelajaran Bahasa Daerah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.