Peningkatan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Media Scrapbook pada Peserta Didik Kelas 2C di SD N Kemasan 1 Kota Surakarta

Amelia Puspitasari, Lissa Ani Farida

Abstract

Hasil belajar peserta didik kelas 2C di SD N Kemasan 1 Kota Surakarta masih kurang optimal. Hal ini disebabkan oleh kurangnya keragaman media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Guru hendaknya memberikan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan media pembelajaran yang beragam. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 2C di SD N Kemasan 1 Kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas 2C SD N Kemasan 1 Kota Surakarta. Penelitian ini dilaksanakan dalam beberapa siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pengambilan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat secara signifikan setelah menggunakan media pembelajaran Scrapbook pada proses pembelajaran berlangsung.

Keywords

Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Scrapbook

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.