Penerapan Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas 4 SD Negeri Bayan Surakarta
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki peran penting dalam mendukung peserta didik untuk berpikir logis. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4B SD Negeri Bayan Surakarta tahun ajaran 2023/2024 melalui pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dengan empat pertemuan. Penelitian melibatkan tiga pengamat, yaitu guru kelas dan dua mahasiswa, serta 23 siswa kelas 4B sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif, termasuk observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi, yang divalidasi dengan triangulasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kinerja siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, hasil belajar meningkat dari 30% menjadi 82%, serta penurunan persentase siswa yang belum tuntas dari 70% menjadi 18%. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan media Wordwall efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4B SD Negeri Bayan Surakarta.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.