Pendekatan Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran berdiferensiasi bisa dipakai dalam pembelajaran Matematika karena dapat mengakomodir kebutuhan belajar siswa yang disesuaikan dengan minat, gaya belajar, profil dan kesiapan belajar siswa. Metode dalam penelitian ini adalah literatur review, Literatur review adalah sebuah metode yang sistematis, eksplisit dan reprodusibel untuk melakukan identifikasi, evaluasi dan sintesis terhadap karya-karya hasil penelitian. Prosedur yang dilakukan yaitu dengan cara memilih topik yang akan di-review, melacak dan memilih artikel yang cocok dan relevan, melakukan analisis dan sintesis literatur hingga dapat mengorganisasikan penulisan review Hasil penelitian menunjukan Guru SD hendaknya dapat memetakan siswa di kelas berada pada kelompok belajar yang sesuai. Sehingga nantinya dapat diberikan pelayanan dalam pembelajaran Matematika yang menyesuaikan dengan kebutuhan belajarnya dan kecepatan belajar masing-masing. Dapat di simpulkan penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada matematika SD dapat terlaksana dengan efektif dan bermakna sehingga dapat berdampak baik terhadap hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.