Pengaruh Kompetensi dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi pada Sekolah Dasar Swasta di Kabupaten Serang
Abstract
Keberhasilan pendidikan dan peserta didik dapat dilihat dari kinerja guru dalam kurun waktu tertentu. Agar guru mampu berinovasi dan bekerja lebih efisien, harus ada interaksi yang kuat antara mereka dan tempat kerja. Mutu Sekolah Dasar Swasta yang ada di Kabupaten Serang masih perlu ditingkatkan karena dari jumlah SD Swasta sebanyak 31 Sekolah yang sudah terakreditasi A sebanyak 7 sekolah, terakreditasi B sebanyak 15 sekolah, terakreditasi C/belum sebanyak 9 sekolah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh research gap pada penelitian terdahulu. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Motivasi yang memiliki keterkaitan dan hubungan dengan kinerja guru, keterikatan ini pada akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan pada tingkat pendidikan dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan pengolahan data menggunakan SMARTPLS4. Dengan populasi SD Swasta yang ada di Kabupaten serang serta sampel sebanyak 189 guru diambil secara acak dengan pemberian kuesioner terhadap sampel untuk mendapatkan data. Hasil penelitian ini terlihat bahwa kompetensi berpengaruh signifikan terhadap motivasi , pelatihan berpengaruh signifikan terhadap motivasi , motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kinerja, kompetensi berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja melalui motivasi, pelatihan berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja melalui Motivasi.
Keywords
kompetensi, pelatihan, kinerja guru dan motivasi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.