Pengembangan Permainan Edmolek sebagai Alat Evaluasi terhadap Daya Ingat Siswa dalam Pembelajaran

Eko Fajar Suryaningrat, Neni Nadiroti Muslihah, Rafika Hidayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan (EDMOLEK) edukasi monopoli dan engklek sebagai alat evaluasi terhadap daya ingat siswa dalam pembelajaran. Metode yang digunakan ini metode Reseach and Developmen (R&D) dengan model pengebangan ADDIE dengan beberapa langkah yaitu: Analyze (analisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilaksanakan di SDS Miftahul Falah, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV. Permainan EDMOLEK sebagai alat evaluasi terhadap daya ingat ini telah diujikan melalui angket validasi media dengan rata-rata 78% dikategorikan sangat layak, angkat validasi materi dengan rata-rata penilaian 83% dikategorikan sangat layak. Penilaian daya ingat siswa dengan menggunakan angket mendapatkan nilai rata-rata 73,4% dikategorikan baik. Hasil pretest kelompok 1 mendapatkan nilai rata-rata 83% dengan grade A dan nilai hasil posttest nya 89% dengan grade A. hasil pretest pada kelompok dua mendapatkan nilai rata-rata 72% dengan grade C sedangkan posttest kelompok 2 mendapatkan nilai rata-rata 91% dengan garde A. Hal ini menunjukan media pembelajaran tersebut layak digunakan dalam evaluasi pembelajaran.

Keywords

Pengembangan permainan EDMOLEK, alat evaluasi dan daya ingat

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.