Pengaruh Model Pembelajaran RADEC Berbantu Media Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di Kelas V SDIT Bina Insan Qur`Ani

Widdy Sukma Nugraha, Lutfi Asy’ari, Dewi Novianti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Pembelajaran RADEC berbantu media puzzle terhadap kemampuan pemecahan Masalah dan kecerdasan spasial Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan model pretest dan posttest yaitu melibatkan dua kelas. Sampel ditentukan secara purposive, dengan siswa kelas 5A sebagai kelas eksperimen dan 5B sebagai kelas kontrol. Hasil dari perhitungan statistik diketahui bahwa thitung sebesar 42,268 sedangkan ttabel dengan taraf signifikansi 5% (a = 0,05) diketahui sebesar 2,492. Jika thitung >ttabel sehingga maka Hο ditolak dan Hα diterima.Dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran RADEC berbantu media Puzzle memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemamampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran IPS SDIT Bina Insan Qur`ani Kelas V.

Keywords

Model RADEC, Media Puzzle, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kecerdasan Spasial

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.