Pendampingan Pengembangan Media Quizizz Berbasis Critical Thinking pada Guru SD/MI Muhammadiyah/Aisyiyah se Purworejo

Nur Ngazizah, Heny Amalia Choirunnisa, Aminatur Rodiyah, Kiswari Puji Rahayu, Femi Hidayati

Abstract

Dunia pendidikan mengalami perubahan akibat perkembangan teknologi yang pesat. Pendidikan di Indonesia sudah mulai menerapkan teknologi sehingga guru dituntut untuk bisa beradaptasi. Media pembelajaran berbasis digital menjadi solusi guru dalam mengajar agar peserta didik dapat mengenal teknologi sebagai sarana belajar. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar guru SD/MI Muhammadiyah/Aisyiyah se Purworejo belum memaksimalkan penggunaan media pembelajaran berbasis digital. Berdasarkan permasalahan tersebut, diadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tujuan untuk memberikan pelatihan serta pendampingan pengembangan media quizizz berbasis critical thinking agar diimplementasikan pada siswa. Target pengabdian ini, yaitu kemampuan guru dalam menciptakan media pembelajaran online berupa quizizz melalui pembuatan kuis interaktif. Kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan pada guru SD/MI Muhammadiyah/Aisyiyah se Purworejo menggunakan metode ceramah, diskusi, dengan tahap persiapan, pelaksanaan, dan evalusi. Setelah diadakan kegiatan pendampingan terdapat peningkatan dan pemahaman guru mengenai pembuatan media quizizz berbasis critical thinking sebagai penunjang pembelajaran. Guru merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan pendampingan media pembelajaran digital yang mudah diterapkan. Selain itu, tersedia media digital untuk bahan ajar guru di kelas sebagai langkah awal guru memberi keadaan yang kondusif serta tidak membosankan.

Keywords

quizizz, critical thinking, media pembelajaran, teknologi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.