Analisis Pengelolaan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Literasi Siswa Sekolah Dasar

Sefa Mardiyana, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Perpustakaan merupakan bagian inti dari suatu pelaksanaan pendidikan di lembaga sekolah. Adanya pengelolaan perpustakaan yang baik tentu akan dapat memberikan manfaat bagi seluruh warga sekolah, khususnya bagi minat baca siswa yang semakin menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) kiat-kiat pengelolaan perpustakaan dalam meningkatkan minat literasi siswa sekolah dasar (2) karakteristik layanan tata ruang perpustakaan dalam meningkatkan minat literasi siswa sekolah dasar (3) karakteristik layanan referensi perpustakaan dalam meningkatkan minat literasi siswa sekolah dasar, dan (4) layanan sirkulasi perpustakaan dalam meningkatkan minat literasi siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian kepala perpustakaan, guru, dan siswa sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pengelolaan perpustakaan yang baik, meliputi adanya pengelolaan tata ruang, layanan referensi, dan layanan sirkulasi yang baik, sehingga dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap peningkatan minat literasi siswa khususnya dalam hal membaca.

Keywords

Pengelolaan, Perpustakaan, Minat Literasi, Sekolah Dasa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.