Pemanfaatan Media Scrapbook pada Peningkatan Hasil Belajar PPKN Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Rizki Nur Laily, Widi Vina Puspitasari, Kartika Christy Suryandari, Jumanto Jumanto

Abstract

Hasil belajar PPKn pada peserta didik kelas V dapat dikatakan rendah karena pembelajaran yang dilakukan masih secara konvensional dan minim penggunaan media sehingga diperlukan adanya pemanfaatan media scrapbook. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar PPKn materi Sejarah Terbentuknya NKRI pada peserta didik kelas V di SDN Mangkubumen Lor Surakarta melalui pemanfaatan media scrapbook. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif yang mengikuti model Kurt Lewin melalui tahapan-tahapan kegiatan seperti perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sampel penelitian yang diambil yaitu peserta didik kelas V dengan berjumlah 23 anak dan terbagi menjadi 9 laki-laki dan 14 perempuan menggunakan pengambilan teknik sampel purposive sampling. Data diperoleh melalui teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi yang nantinya dianalisis menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PPKn dari siklus I sampai dengan siklus II sebesar 57% dan 91%. Dengan demikian, pemanfaatan media scrapbook efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam PPKn. Metode ini membuktikan kreativitas dalam pembelajaran dapat memberikan kontribusi positif terhadap hasil belajar peserta didik.

Keywords

Pembelajaran PPKn, Hasil Belajar, Media Scrapbook

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.