Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Canva Artificial Intelligence Pada Materi Pesawat Sederhana Kelas VIII Di Smp Negeri 8 Seluas

Putri Amelia Sari, Dwi Fajar Saputri, Lia Angraeni

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar yang menarik bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan modul ajar berbantuan Canva Artificial Intelligence menurut ahli materi dan ahli media. Penelitian menggunakan metode 4D yang dimodifikasi menjadi 3D, meliputi mendefinisikan (define), rancangan (design), dan mengembangkan (development). Sampel penelitian ini terdiri dari satu dosen pendidikan fisika dan satu guru mata pelajaran IPA, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpulan data berupa lembar validasi ahli materi dan lembar validasi ahli media. Data dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi materi memperoleh rata-rata persentase 96% dengan kriteria sangat layak, dan validasi ahli media memperoleh skor rata-rata persentase 80% dengan kriteria sangat layak. Simpulan penelitian ini adalah modul ajar berbantuan Canva Artificial Intelligence pada materi pesawat sederhana kelas VIII sangat layak dan dapat digunakan oleh siswa dan guru sebagai pendukung dalam proses pembelajaran

Keywords

Pengembangan, Modul, Canva, Artificial Intelligence

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.