Analisis Bibliometrik Perkembangan penelitian Artificial Intelligence, Augmented Reality dan Virtual Reality Di bidang Pendidikan Fisika
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Bibliometrik Perkembangan Penelitian Artificial Intelligence, Augmented Reality dan Virtual Reality Di bidang Pendidikan Fisika” Penelitian ini bertujuan Mengetahui perkembangan jumlah artikel penelitian Artificial Intelligence, Augmented Reality dan Virtual Reality dibidang pendidikan fisika, peta perkembangan publikasi Artificial Intelligence, Augmented Reality dan Virtual Reality di bidang pendidikan fisika dan Mendapatkan rekomendasi peluang penelitian dimasa mendatang yang berkaitan dengan Artificial Intelligence, Augmented Reality dan Virtual Reality dibidang pendidikan fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis bibliometrik. Analisis Bibliometrik adalah metode untuk tinjauan pustaka yang dapat mengetahui sejauh mana suatu penelitian yang sudah dilakukan dalam kurun waktu sepuluh tahun terbelakang yaitu dari tahun 2013-2023 dan untuk mengetahui peta publikasi penelitian artificial intelligence, augmented reality dan virtual reality di bidang pendidikan fisika yang berpusat pada database scholar.penelitian ini menggunakan bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan dari 93 artikel yang sudah dianalisis didapatkan dari database scholar. Hasil pemetaan berdasarkan keyword dapat disimpulkan ada tiga temuan umum di dalam penelitian ini yaitu klaster kata kunci atau visualisasi jaringan (network visualization), untuk mendapatkan trend terbaru dari kata kunci atau visualisasi hambatan (overlay visualization), dan untuk melihat trend peluang rekomendasi yang jarang diteliti dari kata kunci atau visualisasi kepadatan (density visualization) dalam artificial intelligence, augmented reality dan virtual reality di bidang pendidkan fisika
Keywords
Pembelajaran Fisika , Artificial Intelligence, Augmented Reality,Virtual Reality
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.