Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Pembelajaran IPAS Kelas V Nuh Sekolah Dasar Tahfidzul Quran Al Abidin Surakarta Tahun Ajaran 2023-2024

Fifi Putri Huda Sari, Mifta Sri Arifah, Moh. Salimi, Siti Chotijah

Abstract

Hasil belajar peserta didik yang rendah pada pelajaran IPAS dan kurangnya kesesuaian model pembelajaran di kelas melatarbelakangi kami untuk melakukan penelitian tindakan kelas dalam dua siklus pembelajaran. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang sistem pencernaan manusia melalui model PBL. Subjek dalam penelitian ini adalah 22 peserta didik kelas V Nuh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada pelajaran IPAS peserta didik kelas V melalui model PBL. Rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 75 meningkat menjadi 89,09 pada siklus II. Persentase peserta didik yang mencapai KKM sebesar 45% pada siklus I dan meningkat menjadi 90% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar IPAS dengan materi sistem pencernaan manusia pada peserta didik kelas V SDTQ Al Abidin Surakarta.

Keywords

Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, IPAS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.