Analisis Kompetensi Guru Sekolah Inklusif dalam Mewujudkan Lingkungan Inklusif Ramah Terhadap Pembelajaran (LIRP)
Abstract
Depdiknas telah merencanakan Lingkungan Inklusif Ramah terhadap Pembelajaran (LIRP) di sekolah Inklusif. Fakta di lapangan masih banyak kendala belum terpenuhinya ABK dalam mengakses pendidikan di sekolah inklusif akibat kurangnya kompetensi guru. Tujuan sekolah inklusif dalam dari penelitian ini adalah menganalisis kompetensi guru di upaya mewujudkan lingkungan inklusif Ramah Terhadap Pembelajaran (LIRP) Metode yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif melalui. Teknik pengumpulan data kajian literatur. Hasilnya adalah selain kompetensi kepribadian, pedagogik, sosial, dan profesional, guru di sekolah inklusi harus memiliki kemampuan dan pengetahuan mengajar anak berkebutuhan khusus (ABK). Hal ini dapat dilakukan dengar pelatihan khusus. Diharapkan kompetensi guru dalam mengajar anak berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah inklusif dapat meningkat.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.