Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Peningkatan Pemahaman Pembelajaran Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Dika Widiyanti, Padila Supari, Komang Sulistiawati, Ni Nyoman Aulia Sumitri, Murjainah Murjainah

Abstract

Pendidikan Sekolah Dasar merupakan salah satu fondasi dasar dalam menempuh pendidikan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui media papan gerhana matahari pada siswa kelas   VI SD Negeri 83 Palembang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI yang terdiri dari 17 laki-laki dan 18 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian dan wawancara ini menunjukan bahwa anak-anak akan lebih cepat tanggap menggunakan media belajar yang sudah dirancang guru. Sistem belajar ini sudah dibuktikan sendiri oleh Ibu Rahmita Solihat S.Pd., M.Pd. yang sudah mengajar Teknik ini kurang lebih 4 tahun terakhir. Menurut beliau 70% siswanya lebih memahami gaya pembelajaran yang diajarkannya. Kami mengembangkan media yang  bisa digunakan berkali-kali dan tahan lama, serta membantu anak memahami karena gambarnya jelas dalam bentuk pop up book gerhana matahari. Berdasarkan hasil penelitian yang telah kami lakukan, pembelajaran menggunakan media pembelajaran benar-benar menunjang daya Tarik dan minat siswa untuk mau memahami materi yang diberikan gurunya.

Keywords

analisis, kualitatif, buklet

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.