Optimalisasi Kurikulum Merdeka Melalui Pembelajaran Diferensiasi: Menggali Konsep, Implementasi, Dan Dampaknya

Dafid Diarera, Wahyu Nuning Budiarti

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi dirancang untuk mengakomodasi perbedaan minat, bakat, kemampuan, dan gaya belajar siswa, menciptakan lingkungan belajar adaptif dan inklusif. Studi literatur ini bertujuan mengeksplorasi konsep, implementasi, serta dampak pembelajaran berdiferensiasi dalam konteks Kurikulum Merdeka. Sumber literatur diambil jurnal ilmiah, artikel, buku dan laporan penelitian melalui internet. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dalam konteks Kurikulum Merdeka dapat meningkatkan motivasi, keterlibatan aktif, berpikir kritis, mengurangi tingkat kebosanan dan meningkatkan prestasi siswa. Strategi efektif meliputi diferensiasi dalam konten, produk, proses, serta lingkungan belajar. Dukungan guru dan pelatihan profesional sangat penting meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan sumber daya, waktu, dan resistensi terhadap perubahan. Pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka berpotensi meningkatkan kualitas pendidikan secara signifikan dan responsif terhadap kebutuhan siswa, namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengatasi kendala implementasi dan mengembangkan model yang lebih efektif dan berkelanjutan.

Keywords

Pembelajaran diferensiasi, Kurikulum Merdeka, konsep implementasi dan dampak pembelajaran diferensiasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.