Pengembangan Bahan Ajar Al-Qur'an Hadits untuk Kelas 1 MI: Pendekatan dan Strategi Pembelajaran

Ati Muniroh, Agil Hestiana, Amaliyatus Sangadah, Siti Fatimah, Muntashiroh Muntashiroh

Abstract

Bahan bimbingan yang tersedia saat ini seringkali tidak menarik dan tidak memenuhi kebutuhan pembelajaran siswa kelas awal. Untuk memastikan bahwa bahan ajar tersebut layak dan signifikan, kami akan menyertakan tinjauan siswa MI dan guru profesional dalam rencana kemajuan. Dalam penyelenggaraan penokohan, dilakukan penilaian kebutuhan untuk mengidentifikasi ketidaknyamanan belajar siswa dalam memahami konsep Al-Qur'an dan Hadits. Selain itu, pada tahap pengembangan, bahan ajar diujicobakan kepada sekelompok siswa kelas 1 MI untuk memperoleh masukan dan penyesuaian berdasarkan hasil uji coba. Hasil uji coba menunjukkan bahwa bahan ajar yang telah disampaikan kepada siswa kelas 1 MI dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dibandingkan dengan bahan ajar yang masih menggunakan prosedur konvensional. Temuan ini mengusulkan pemanfaatan bahan ajar yang jauh lebih praktis dan berkaitan dengan peningkatan kualitas pembelajaran Al-Qur'an dan Hadits bagi siswa kelas 1 MI.

Keywords

Pengembangan bahan ajar, Al-Qur'an Hadits, Kelas 1 MI, Strategi pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.