Developing Teacher Profesional Competence through Continous Development in the Industrial Era 4.0 towards Superior Education

Zulvalia Zulvalia, Wirisha Salini

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat,  guru harus senantiasa meningkatkan keahlian dan kompetensi profesionalnya, serta bisa mengikuti perkembangannya untuk dapat menghadapi tantangan pada di era revolusi industri 4.0 untuk mewujudkan pendidikan unggul di era industry 4.0.  Oleh karena itu perlu pembinaan keberlanjutan Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode systematic literature review (SLR). Penelitian SLR yaitu untuk menambah ilmu pengetahuan dan menjadi dasar teori pengambilan kebijakan atau praktik. Data dan sumber data yang dikumpulkan dalam penelitian berasal dari data sekunder berupa artikel jurnal dan buku yang diperoleh melalui database elektronik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dengan mengikuti tahap systematic literature review SiHasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan profesionalisme guru melalui kualifikasi akademik dengan pemasaran materi/mata kuliah serta ijazah sarjana PGSD dan guru harus memiliki 4 kompetensi yaitu kompetensi pedagogic,  kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan kompetensi professional. 

Keywords

Guru Profesional, Revolusi Industri 4.0, Berkelanjutan, Pembinaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.