Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu

Yupita Tri Rejeki, Neza Agusdianita, Ike Kurniawati

Abstract

Kemampuan literasi numerasi ini sangat penting di era globalisasi dimana kita dituntut untuk mampu memahami dan menggunakan nalar untuk menganalisis hal-hal yang terjadi disekitar kita.Penelitian ini betujuan untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dengan desain survei. Pemilihan sampel menggunakan Simple Random Sampling, jumlah sampelnya yaitu sebanyak 40 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes berupa soal uraian berjumlah 3 soal.  Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah pada setiap indikator siswa paling banyak memperoleh skor 2. Pada indikator pertama rata-rata skor siswa 2,02, indikator kedua rata-rata skor siswa 1,92 dan indikator ketiga skor rata-rata siswa 1,45. Kemampuan Literasi Numerasi siswa dilihat dari rata-rata hasil tes siswa yaitu 59,16 berada pada kategori sedang. Hal ini terlihat pada hasil tes yang telah diberikan kepada siswa. Walaupun kemampuan literasi numerasi siswa sudah berada pada kategori sedang, siswa masih perlu meningkatkan lagi kemampuan literasi numerasinya.

Keywords

Kemampuan Literasi Numerasi, Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.