Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Pengukuran Luas Kelas IV SD Negeri Gugus V Kota Bengkulu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi pengukuran luas kelas IV SDN Gugus V Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasy Experiment dan desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara data nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol dalam penggunaan pembelajaran dengan LKPD berbasis PBL. Hasil tersebut dibuktikan dari nilai uji Wilcoxon Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh LKPD berbasis PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi pengukuran luas kelas IV SD Negeri Gugus V Kota Bengkulu.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.