Kajian Teoretis Bimbingan Kelompok Media Permainan Kartu “Omben” untuk Intervensi Sikap Qanaah Siswa

Wahyu Ari Seno, Abi Fa’izzarahman Prabawa

Abstract

Sikap qanaah yang rendah merupakan salah satu masalah yang sering terjadi di sekolah, sehingga diperlukan penanganan untuk meningkatkan sikap qanaah pada siswa. Penulisan artikel ini dibuat dengan tujuan untuk mengkaji layanan bimbingan kelompok yang mengelaborasikan dengan media permainan kartu untuk meningkatkan sikap qanaah siswa. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (library research). Alur penelitian yang dilakukan meliputi: 1) memilih topik; 2) mencari informasi; 3) menetapkan fokus penelitian; 4) mengumpulkan data; 5) menyiapkan cara menyajikan data; dan 6) menulis laporan (Setyawan & Prabawa, 2023). Penelitian ini menghasilkan penguatan teoretis tentang media permainan kartu melalui bimbingan kelompok permainan kartu omben tepat untuk inervensi sikap qanaah siswa. Dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan media permainan mampu meningkatkan sikap qanaah pada siswa.

Keywords

bimbingan kelompok, media permainan, permainan kartu, qanaah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.