Kajian Literatur: Self-Confidence, Self-Concept dan Sikap Tafa’ul

Vivi Safitri, Abi Fa’izzarahman Prabawa

Abstract

Fenomena rendahnya sikap tafa’ul di kalangan mahasiswa akhir merupakan salah satu masalah yang terjadi di perguruan tinggi, sehingga diperlukan layanan intervensi untuk meningkatkan sikap tafa’ul tersebut. Tujuan artikel ini adalah untuk mengkaji keterkaitan secara teoritik antara self-confidence, self-concept dan sikap tafa’ul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (library research). Proses pelaksanaan penelitian meliputi: 1) pemilihan topik; 2) eksplorasi informasi; 3) penentuan fokus penelitian; 4) pengumpulan sumber data; 5) penyiapan penyajian data; dan 6) penyusunan laporan (Mizaqon & Purwoko, 2013). Hasil penelitian memberikan penguatan bahwa self-confidence, self-concept dan sikap tafa’ul mempunyai keterkaitan secara teoritik. Sikap tafa’ul, yang mencerminkan optimisme dengan pandangan positif dan realistis, penting dalam psikologi karena memengaruhi kehidupan seseorang secara signifikan melalui kepercayaan diri, harapan masa depan, dan semangat kerja keras, meskipun tantangan dapat mengurangi sikap ini, sehingga usaha peningkatan melalui pelatihan berpikir positif, pengembangan harga diri, dan pemahaman identitas diri menjadi kunci untuk memperkuat sikap tafa’ul yang berhubungan positif dengan kepercayaan diri dan konsep diri.

Keywords

self-confidence, self-concept, sikap tafa’ul

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.