Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas II SD Negeri Bumi 1 Surakarta

Idam Ragil Widianto Atmojo, Kisminah Kisminah, Vika Melani, Adik Nur Hidayati, Kinanti Wahyu Krisna Mukti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran teams games tournament (TGT) pada siswa kelas II di SD Negeri Bumi 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas II SD Negeri Bumi 1 Surakarta yang berjumlah 8 siswa. Desain penelitian tindakan yang digunakan adalah model siklus Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, dan dokumentasi dengan instrumen lembar observasi dan penilaian. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada pelaksanaan tindakan di siklus I dan siklus II. Pada siklus I diperoleh 4 siswa tuntas (62,5%). Pada siklus II mendapatkan refleksi dan perbaikan dari siklus I sehingga siswa tuntas meningkat menjadi 7 siswa (87,5%).

Keywords

Hasil belajar, TGT, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.