Pemanfaatan Platform Digital Kipin School sebagai Media Peningkatan Keterampilan Literasi Peserta Didik

Vena Fannysa Muhammad, Qosdus Sabil Al Muharram, Mernanda Dwi Krisnawati, Kustina Elisa, Anisa Ulfah

Abstract

Media digital merupakan pilihan yang dapat dipertimbangkan pemanfaatannya dalam mengoptimalkan keterampilan literasi, termasuk platform digital Kipin School. Kajian ini bertujuan untuk memaparkan hakikat platform digital Kipin School sebagai media peningkatan keterampilan literasi peserta didik, strategi, serta tantangan yang dihadapi dalam pemanfaatannya. Platform digital Kipin School menyediakan berbagai informasi dan sumber belajar yang dapat diakses dengan mudah karena memungkinkan pengguna untuk memperoleh materi pembelajaran berbasis digital sehingga dapat meningkatkan keterlibatan dan interaksi peserta didik. Strategi pemanfaatan platform ini dilakukan dengan menentukan capaian dan indikator keterampilan literasi, menentukan langkah-langkah penyajian kegiatan, serta evaluasi hasil capaian peserta didik. Tantangan pemanfaatannya yaitu kesulitan adaptasi bagi pendidik dan peserta didik, pengembangan konten yang relevan, serta pemantauan dan umpan balik yang efektif. Berdasarkan hasil kajian yang dipaparkan dapat disimpulkan bahwa keterampilan literasi bisa diupayakan dengan memanfaatkan platform digital Kipin School karena dapat meningkatan kesempatan peserta didik untuk berinteraksi dengan media sehingga dapat membangun kebiasaan dalam berliterasi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.