Analisis Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar

Uswatun Hasanan, Betha Oktariya, Neza Agusdianita

Abstract

Di era digital saat ini, banyak anak-anak yang menghabiskan waktu mereka dengan bermain gadget dan menonton televisi, hal ini dapat berakibat negatif pada perkembangan karakter mereka karena anak-anak kurang berinteraksi dengan orang lain dan tidak memiliki kesempatan untuk belajar mengelola emosi mereka melalui bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai aspek perkembangan karakter anak SD yang ada pada permainan tradisional pada beberapa jurnal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penggnaan metode yang dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Dalam proses menganalisis nilai karakter yang terdapat pada permainan tradisonal. Penelitian ini menggunakan instrumen tabel analisis. Studi pustaka adalah teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan Analisis nilai-nilai Karakter pada jurnal tentang pembentukan karakter pada permainan tradisional anak SD, diperoleh sebanyak delapan nilai karakter yang muncul yaitu: religius, kejujuran, sportivitas, kerja sama, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, dan saling menghargai. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya-upaya untuk melestarikan permainan tradisional dan menjadikannya sebagai media pembelajaran bagi anak. Upaya yang dapat dilakukan antara lain dengan memasukkan permainan tradisional dalam kurikulum sekolah, mengadakan festival permainan tradisional, dan mendorong orang tua untuk bermain bersama anak-anak mereka

Keywords

Anak SD, Karakter, Permainan Tradisional

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.