Penerapan Gerakan Literasi pada Siswa Kelas Rendah SD Negeri Margasari 02

Titah Dwi Jatun, Wahyu Nuning Budiarti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengimplementasikan penerapan gerakan literasi pada Siswa kelas rendah di SD Negeri 02 Margasari. Gerakan Literasi memiliki peran penting membangun kemampuan membaca, menulis, dan pemahaman bacaan pada tingkat pendidikan dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan ranah penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan pada kelas rendah, yakni  kelas 2 dan kelas 3 di SD Negeri Margasari 02 Sidareja yang dipilih secara acak. Kelas kontrol menerima pembelajaran konvensional, sementara kelas eksperimen menerima pembelajaran yang mengintegrasikan literasi sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran.Implikasi praktis dari penelitian ini adalah perlunya integrasi literasi dalam kurikulum pendidikan dasar meningkatkan kemampuan membaca, dan pemahaman bacaan Siswa kelas rendah. Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi strategi dan pendekatan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan literasi Siswa kelas rendah.

Keywords

penerapan gerakan literasi, kelas rendah, meningkatkan pemahaman bacaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.