Literature Study: Utilization of Technology in the Independent Curriculum Teaching Process

Ristha Gheaza Antika, Salma Oktavia Hening Puspita, Than Alien Mariska

Abstract

Dalam era Society 5.0, integrasi teknologi dalam pendidikan telah menjadi kunci untuk menyokong pengajaran dan pembelajaran yang adaptif dan inklusif. Kurikulum Merdeka, sebagai inisiatif pendidikan baru di Indonesia, bertujuan untuk memfasilitasi pendekatan belajar yang holistik dan fleksibel. Studi ini berfokus pada analisis pemanfaatan teknologi dalam implementasi Kurikulum Merdeka, mengkaji dampaknya terhadap efektivitas proses pengajaran dan keterlibatan peserta didik. Berdasarkan tinjauan literatur, penelitian ini menemukan bahwa penggunaan platform digital seperti Google Classroom bersamaan dengan aplikasi pembelajaran interaktif menambah nilai signifikan terhadap pengalaman belajar siswa. Hasilnya menyarankan bahwa teknologi mendukung pembelajaran mandiri dan kolaboratif, sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka yang mempromosikan kebebasan belajar. Kendala seperti keterbatasan akses dan kompetensi digital guru menjadi tantangan yang harus diatasi untuk menjalankan keseluruhan potensi teknologi edukatif. Rekomendasi yang dihasilkan menekankan pada kebutuhan pelatihan pendidik dalam teknologi pengajaran digital, peningkatan infrastruktur, dan desain pembelajaran yang lebih responsif untuk memaksimalkan manfaat teknologi dalam pendidikan abad ke-21. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran sekarang terutama pada Kurikulum Merdeka tidak luput dari pemanfaatan teknologi.

Keywords

Kurikulum Merdeka, Pengajaran, Teknologi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.