Pengembangan Media Pembelajaran FPM (Fluid Pressure Meter) Berbasis Arduino Uno Materi Tekanan Hidrostatis Kelas XI Di SMAN 3 Sungai Kakap

Sonia Sonia, Matsun Matsun, Eti Sukadi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menilai kelayakan media pembelajaran berbasis Arduino Uno dalam meningkatkan pembelajaran fisika, terutama pada konsep tekanan hidrostatis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai kelayakan ahli materi dan media serta menguji akurasi alat. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model ADDIE yang dimodifikasi menjadi ADD (Analysis, Design & Development). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 3 Sungai Kakap, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan validasi ahli. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penilaian ahli materi mencapai 95% dengan kategori sangat layak, dan ahli media memberikan penilaian rata-rata 93,75% juga dengan kategori sangat layak. Akurasi alat FPM mencapai rata-rata 87,13%, menunjukkan tingkat ketepatan yang sangat baik. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Arduino Uno sangat layak digunakan dan dapat meningkatkan minat serta motivasi siswa dalam belajar fisika.

Keywords

Tekanan Hidrostatis, Arduino Uno, R&D.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.