Analisis Tes Subjektif sebagai Evaluasi Pembelajaran Menulis Teks Cerita Inspiratif pada Siswa Kelas IX MTs Hidayatut Thalibin

Siti Romlah El Busthami, Liana Rochmatul Wachidah, Agus Purnomo Ahmad Putikadyanto

Abstract

Dalam proses pembelajaran guru harus mampu menentukan tes yang cocok untuk digunakan dalam menilai kemampuan siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Dimana, instrumen penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil dari penggunaan tes subjektif dalam evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia pada materi keterampilan menulis teks cerita isnpiratif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif berupa penjelasan mengenai penggunaan tes subjektif sebagai evaluasi keterampilan menulis teks cerita isnpiratif. Sumber data utama dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IX MTs Hidayatut Thalibin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan proses tes dan wawancara singkat. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan penggunaan tes subjektif merupakan penilaian utama dalam pembelajaran cerita inspiratif, guna mengetahui kemampuan menuulis teks cerita inspiratif mulai dari kesesuaian isi dengan tema, pengorganisasian struktur, dan penggunaan diksi. Data yang didapat akan dianalisis, secara kualitatif melalui proses menulis, pengamatan, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi cerita inspiratif dengan penggunaan tes subjektif ini hasil yang di dapat mencerminkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.