Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah pada Mata Pelajaran IPAS kelas V Sekolah Dasar

Siti Rofi'ah, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Pada abad 21, berpikir kritis merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh siswa, Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 4 Karangduwur dalam pembelajaran IPAS serta menganalisis faktor-faktor yang memengaruhinya. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini melibatkan 27 siswa dan menggunakan teknik observasi, wawancara, serta tes esai berbasis masalah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif Milles Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 85% siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dalam kategori sangat rendah, sementara hanya 4% yang berada dalam kategori tinggi dan sangat tinggi. Analisis per indikator menunjukkan bahwa klarifikasi dasar dan analisis berada pada kategori sedang, sedangkan membuat kesimpulan berada pada kategori rendah. Faktor-faktor yang memengaruhi rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa meliputi model pembelajaran yang konvensional, motivasi belajar yang rendah, kurangnya peran orang tua, minimnya pembiasaan dalam menghadapi masalah, rendahnya pemahaman materi, dan minat baca yang kurang. Penelitian ini menegaskan pentingnya inovasi pembelajaran yang interaktif untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Keywords

Berpikir Kritis, IPAS, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.