Rancang Bangun Modul Elektronik Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) SMP Berbasis Masalah

Shiddiq Kalamurrahmaan, Arif Hidayat, Dedi Sasmita, Lina Aviyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan merancang modul elektronik pada materi gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan berbasis masalah untuk sekolah menengah pertama. Metode yang digunakan adalah research and development model ADDIE (Analyze, design, development, implementation, and evaluation). Penelitian ini melibatkan siswa dari dua sekolah menengah pertama di Bandung, ahli media, ahli materi, dan ahli praktik dari tiga universitas di Indonesia sebagai subjek penelitian. Hasil kuesioner disesuaikan dengan skala likert yang sudah dibuat sehingga data bisa disajikan secara kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah dihasilkannya modul elektronik GLB dan GLBB SMP berbasis masalah yang sudah melalui uji kelayakan dan mendapatkan nilai kelayakan materi sebesar 87,4%, media 87,3%, dan praktikalitas 87,5%. Penelitian ini juga menunjukkan respon positif dari peserta didik ketika modul elektronik GLB dan GLBB SMP berbasis masalah diujikan kepada mereka tetapi ditemukan ada penurunan respon dari peserta didik yang semula 80,2% (sangat positif) menjadi 48,4% (cukup positif). Meskipun terdapat penurunan respon dari peserta didik, modul elektronik GLB dan GLBB SMP berbasis masalah ini tetap lulus uji kelayakan dan sangat layak untuk digunakan sebagai media pendukung pembelajaran dinilai dari segi materi, media, dan praktikalitas dan mendapat respon yang cukup positif dari peserta didik sehingga dapat dijadikan sebagai inovasi bagi media pembelajaran.

Keywords

modul elektronik, media pembelajaran fisika, pembelajaran berbasis masalah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.