Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar

Sary Nafila, Siti Aminah Lestari, Umi Samsiyanawati

Abstract

Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru sekolah dasar melalui kreativitas yang dikembangkan sendiri, sehingga guru dapat meningkatkan kinerja dan kompetensi pedagogik melalui penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran yang lebih inovatif dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif melalui teknik pengumpulan data kajian literatur. Hasil dari penelitian ini adalah Platform Merdeka Mengajar (PMM) memiliki berbagai fitur yang dapat membantu dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Dengan adanya Platform Merdeka Mengajar (PMM) guru dapat meningkatkan kinerjanya dengan aktivitas yang dikembangkan sendiri. Selain itu, guru dapat termotivasi untuk terus belajar, mengajar, dan berkarya melalui ekosistem yang dibangun oleh Platform Merdeka Mengajar (PMM). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) dapat menjadi wadah bagi guru untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan kualitas pembelajaran, serta meningkatkan kinerja dan kompetensi guru melalui kreativitas yang dikembangkan sendiri.

Keywords

Platform Merdeka Mengajar (PMM), Kompetensi Pedagogik Guru, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.