Evaluasi Penggunaan Tes Praktik sebagai Instrumen Pembelajaran Cerpen pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Yaqin Proppo Pamekasan

Sahwa Desvita Diningrum, Liana Rochmatul Wachidah, Iswah Adriana

Abstract

Sebagai bagian dari proses pembelajaran, evaluasi merupakan proses penting yang melibatkan penilaian terhadap pencapaian siswa. Guru dapat menggunakan tes praktik untuk menguji ataupun mengevaluasi keterampilan membaca dan menulis siswa dalam pembelajaran cerpen. Keterampilan membaca dan menulis cerpen tidaklah mudah bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), karena beberapa kesulitan yang mungkin dihadapi siswa dalam kegiatan membaca dan menulis cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan serta tahapan evaluasi penggunaan tes praktik sebagai instrumen pembelajaran cerpen pada siswa kelas VII MTs Nurul Yaqin Proppo Pamekasan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode dekskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Data akan dianalisis secara kualitatif dengan menyajikan data dalam bentuk narasi yang menggambarkan beberapa temuan penting serta menarik kesimpulan dari hasil analisis data. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan penggunaan tes praktik dalam pembelajaran cerpen dilakukan melalui beberapa langkah strategis yang melibatkan penilaian kegiatan atau kinerja langsung siswa dalam membaca dan menulis cerpen. Sedangkan, pada tahapan evaluasi terdapat 5 kelebihan dan 4 kekurangan dalam penggunaan tes praktik sebagai instrumen pembelajaran cerpen. Penggunaan tes praktik ini dilakukan melalui beberapa langkah strategis dengan melibatkan penilaian kegiatan atau kinerja langsung siswa dalam membaca dan menulis cerpen.

Keywords

Evaluasi, Tes Praktik, Pembelajaran Cerpen

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.