Peran Lingkungan Indigenos Madura sebagai Bahan Referensi Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura dalam Pembelajaran Bahasa

Sahrul Romadhon, Mochamad Arifin Alatas, Irma Rachmayanti

Abstract

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia di IAIN Madura sangat bergantung pada lingkungan asli Madura. Pulau kecil Madura di lepas pantai timur laut Jawa terkenal dengan warisan budaya dan bahasanya yang berbeda, yang membantu orang belajar bahasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan betapa pentingnya lingkungan adat Madura sebagai referensi bagi siswa saat belajar bahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yang mencakup analisis dokumen. Wawasan tentang penggunaan lingkungan masyarakat adat Madura sebagai bahan referensi dalam pembelajaran bahasa dikumpulkan melalui pendekatan ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan di mana mahasiswa tinggal di masyarakat Madura, yang memiliki banyak aspek budaya dan linguistik yang berbeda, dapat menjadi sumber daya yang berharga untuk membantu mereka belajar bahasa, seperti dari pesantren, problematika petani tembakau, ritual, dan mantra. Studi ini juga menunjukkan bahwa memasukkan lingkungan adat Madura dapat membantu siswa memperoleh pengalaman belajar bahasa yang lebih ramah budaya dan inklusif.

Keywords

lingkungan indigenous, Madura, pembelajaran Bahasa Indonesia, kearifan lokal, IAIN Madura

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.