Penggunaan Tes Tindakan dalam Evaluasi Keterampilan Membaca Puisi pada Siswa Kelas VIII MTS Nurul Yaqin Proppo Pamekasan

Rosmita Dwimeidini, Liana Rochmatul Wachidah, Agik Nur Efendi

Abstract

Dalam proses pembelajaran guru harus mampu menentukan tes yang cocok untuk digunakan dalam menilai kemampuan siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Dimana, instrumen penilaian berbentuk tes dibagi menjadi 3 jenis yaitu tes tulis bentuk uraian, tes objektif dan tes tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil dari penggunaan tes tindakan dalam evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia pada materi keterampilan membaca puisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif berupa penjelasan mengenai penggunaan tes tindakan sebagai evaluasi keterampilan membaca puisi. Sumber data utama dalam penelitian ini yaitu guru bahasa Indonesia kelas VIII MTs Nurul Yaqin Proppo Pamekasan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan proses wawancara. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan penggunaan tes tindakan merupakan penilaian utama dalam pembelajaran puisi, guna mengetahui kemampuan membaca puisi mulai dari intonasi, pelafalan, ekspresi, dan gesture tubuh saat membaca puisi. Data yang didapat akan dianalisis secara kualitatif melalui proses penugasan, penampilan, pengamatan, dan penarikan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi puisi menggunakan tes Tindakan serta alasan penggunaan tes tindakan dalam pembelajaran puisi ini dikarenakan lebih otentik dari tes lain. Dimana, dengan penggunaan tes ini hasil yang di dapat menggambarkan keahlian/kemahiran siswa yang sesungguhnya.

Keywords

Evaluasi, Tes Tindakan, Membaca Puisi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.