Analisis Penelitian Pengaruh Program Pendidikan Profesi Guru Terhadap Profesionalitas Guru dalam Proses Pembelajaran

Teguh Marwantoro, Robbi Rizqi Nugroho, Sandy Liviana

Abstract

Perbaikan kualitas tenaga pendidikan di Indonesia semakin digencarkan, tenaga pendidik di Indonesia diharuskan memiliki kompetensi yang baik dan diakui secara profesional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) terhadap Profesionalitas Guru dalam Proses Pembelajaran. Penelitian menggunakan jenis penelitian Systematic Literature Review (SLR) dengan metode PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analyses). Studi penelitian pada metode ini dilakukan dengan merancang peninjauan sumber kutipan secara sistematis dengan tahapan sebagai berikut: 1) identifikasi latar belakang dan tujuan, 2) mendefinisikan sumber informasi, 3) pemilihan literatur, 4) pengumpulan data, dan 5) pengklasifikasian dan pemilihan data.  Hasil penelitian relevan menunjukkan bahwa program PPG memiliki pengaruh terhadap profesionalitas tenaga pendidik baik secara praktik maupun teori. Dengan adanya program PPG kompetensi dan kesiapan seorang guru akan teruji dan update terhadap perkembangan yang ada. Kesimpulannya, melalui penerapan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) diharapkan calon tenaga pendidik dapat meningkatkan dan mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran dan menciptakan iklim pendidikan yang bermutu.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.