Tren Penelitian Penerapan Case study untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran IPS: Analisis Bibliometrik

Risma Rahmawati, Mintasih Indriayu

Abstract

Berpikir kritis merupakan kecakapan abad 21 yang penting untuk dimiliki peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat diimplementasikan untuk mengakomodir kemampuan berpikir kritis yaitu case study. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi dan menganalisis tren penelitian tentang penerapan case study dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik SD. Metode yang digunakan yaitu analisis bibliometrik,.Populasi dari penelitian ini yaitu 180 artikel dari hasil penelusuran menggunakan software Publish or Perish database Google Scholar dari tahun 2019-2024. Data yang diperoleh disimpan dalam bentuk .RIS kemudian dianalisis menggunakan VOSviewer. Hasil dari analisis bibliometrik menunjukkan bahwa: (1) terdapat tiga klaster pembahasan peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam penerapan case study pada pembelajaran IPS, (2) penelitian terkait case study dan kemampuan berpikir kritis menjadi tren yang menarik untuk dilakukan (3) terdapat gap antara case study dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Maka, penelitian tentang penerapan case study dalam pembelajaran IPS dapat dikaji lebih lanjut. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan pada penelitian selanjutnya mengkaji lebih dalam pengaruh penerapan case study terhadap berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPS dan kendalanya.

Keywords

Berpikir kritis, case study, bibliometrik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.