Ethnopedagogi: Sumber Inovasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Ratri Shinta Wardhani

Abstract

Projek penguatan profil pelajar Pancasila menjadi salah satu pembelajaran yang berpeluang untuk mengintegrasikan budaya dengan karakter melalui wadah etnopedagogi. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi praktik penerapan etnopedagogi dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan teknik PRISMA. Prosedur penelitian terdiri dari: 1) menyusun background and purpose; 2) identifikasi masalah; 3) pencarian data; 4) screening; 5) penilaian kualitas; 6) ekstraksi data; 7) sintesis data. Hasil telaah menunjukkan penguatan projek profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global dapat diimplementasikan melalui pendekatan etnopedagogi. Praktik etnopedagogi dalam penguatan profil pelajar Pancasila diimplementasikan melalui kearifan lokal Batik tenun, Haul Sesepuh, Tradisi Nuju Jerami, Tradisi Kejhung, Tradisi Gropyokan, Pelestarian Air, Etnobotani Tanaman Bambu, Kerajinan Damar Kurung, dan Batik Ecoprint. Kearifan lokal tersebut sebagian besar di implikasikan dalam muatan pembelajaran IPS dan IPA. Nilai kearifan lokal dapat dikaji lebih luas sehingga praktik etnopedagogi dan penguatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global dapat merata sesuai karakteristik Indonesia yang multikultural.

Keywords

Etnopedagogi, Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Berkebhinekaan Global

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.