Improving Mathematical Representation Skills Through The Use of Project Based Learning (PJBL) Learning Models

Putri Dinda Lestari, Yunni Arnidha

Abstract

Rendahnya kemampuan representasi matematis peserta didik disebabkan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang bervariasi dan pendidik tidak fokus pada proses penyelesaian soal-soal matematika secara representasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik yaitu kemampuan verbal, visual dan simbilik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis ekperimen yang digunakan yaitu Quasi Experiment. Sampel penelitian yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol, penentuan sampel dengan cara Cluster Random Sampling. Teknis pengumpulan data yang digunakan berupa tes tertulis dan teknis analisis data yang digunakan adalah statistic non parametric menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t dua pihak diperoleh nilai t-hitung ˃ t-tabel atau 3,23 ˃ 2.05 dan analisis data uji-t satu pihak diperoleh nilai t-hitung ˃ t_tabel atau 3,23 ˃ 1,70. Data hasil penelitian  ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan representasi matematis  dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Sehingga penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis yang terdiri dari kemampuan verbal, visual dan simbolik.

Keywords

Kemampuan representasi matematis, model Project Based Learning (PjBL)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.