Analisis Kesiapan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Media Ular Tangga

Putra Nadzif Yuanditama Asirwada, Kartika Chrysti Suryandari, Endang Murwati

Abstract

Kesiapan belajar merupakan aspek yang penting dalam pra-pembelajaran untuk peserta didik, faktor kesiapan belajar yang kurang baik akan membawa proses dan hasil yang kurang diharapkan dengan tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang kesiapan peserta didik di sekolah dasar dalam pembelajaran IPA menggunakan media ular tangga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan partisipan peserta didik dan guru kelas II Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, checklist dan wawancara yang diisi oleh partisipan sebagai subjek dan sampel penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan skala likert yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar peserta didik sudah memiliki kesiapan belajar yang baik namun ada beberapa aspek yang belum terpenuhi, serta hasil wawancara analisis kebutuhan terhadap media pembelajaran yang menunjukkan kesulitan pemahaman konsep abstrak pada pembelajaran IPA dan dibutuhkannya media pembelajaran ular tangga. Jadi, rekomendasi penelitian ini perlu adanya pembelajaran IPA yang menyenangkan dengan bantuan media ular tangga yang disebabkan oleh beberapa aspek kesiapan belum terpenuhi dan terdapat indikasi butuh akan media ular tangga dari hasil analisis kebutuhan agar terjadi peningkatan serta tercapainya tujuan pembelajaran.

Keywords

Kesiapan belajar, media, pembelajaran, Ular tangga

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.