Penerapan Teknologi untuk Menunjang Motivasi Literasi Siswa Sekolah Dasar

Latifah Indriani, Puri Rakhmawati

Abstract

Teknologi saat ini sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan manusia. Memanfaatkan teknologi pada dunia pendidikan, khususnya untuk meningkatkan motivasi literasi siswa sekolah dasar merupakan hal yang harus dilakukan bagi seorang guru. Tujuan penelitian ini adalah (1) memberikan pemahaman terkait penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan. (2) untuk menjelaskan penggunaan teknologi untuk meningkatkan literasi siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan studi pustaka dengan pengumpulan, pembacaan, pencatatan dan analisis data. Pemanfaatan teknologi pada dunia pendidikan penting dilakukan agar proses pembelajaran relevan dengan masa kini, teknologi ini dikenal dengan Teknologi pendidikan. Dengan menggunakan platform digital memungkinkan siswa berliterasi dan memperkaya pengalaman belajar dengan materi visual dan audio yang menarik. Kajian ini mencapai kesimpulan penerapan teknologi dalam dunia pendidikan juga menjadi salah satu solusi efektif untuk meningkatkan motivasi literasi siswa sekolah dasar dalam bentuk media pembelajaran digital.

Keywords

literasi, teknologi, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.