Aku Generasi Peduli Bumi: Modul Ajar IPAS Fase C Materi Letak Geografis Indonesia Berbasis Education for Sustainable Development (ESD) untuk Menunjang Ketercapaian SDGs 15 Life on Land

Nursyifa Nursyifa, Diana Octavia Anwar, Fairuz Izdihar Ishmah, Regita Putri Nurrahma, Mela Darmayanti

Abstract

Di tengah memburuknya kerusakan lingkungan dan tantangan sosial, Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development - ESD) menjadi sarana untuk memberdayakan peserta didik dalam menghadapi isu-isu yang saling terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar yang berjudul “Aku Generasi Peduli Bumi: Modul Ajar IPAS Fase C Materi Letak Geografis Indonesia Berbasis ESD untuk menunjang ketercapaian SDGs 15 Life on Land”. Penelitian ini menggunakan metode Design and Development (D&D) dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengisi work log dan melalui validasi ahli serta analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan modul ajar yang memfasilitasi domain kognitif, sosial, dan perilaku. Selain itu, modul ajar ini juga memfasilitasi pembelajaran berbasis ESD dengan mengintegrasikan SDGs 15 Life on Land. Modul ajar ini telah divalidasi dengan hasil dalam kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa modul ajar “Aku Generasi Peduli Bumi Berbasis ESD untuk Menunjang Ketercapaian SDGs 15 Life on Land” dapat digunakan pada pembelajaran IPAS Fase C dalam kurikulum merdeka.

Keywords

modul ajar,tujuan pembangunan berkelanjutan 15, ekosistem darat, pendidikan pembangunan berkelanjutan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.