Strategi Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Proyek pada Mahasiswa (Studi kasus pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam IAINU Kebumen)

Nurhidayah Nurhidayah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas strategi pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kompetensi penelitian tindakan kelas bagi mahasiswa calon guru Pendidikan Agama Islam di IAINU Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah 100 mahasiswa, 60 guru, 60 kepala sekolah SD/MI hingga MTs di kabupaten Kebumen. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran berbasis proyek mampu meningkatkan kompetensi PTK 75% mahasiswa calon guru PAI di IAINU Kebumen. Ketrampilan mahasiswa tampak dari kemampuannya dalam memilih tema dan judul penelitian, menyusun proposal penelitian, melakukan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan guru di sekolah atau madrasah hingga penyusunan laporan dan artikel jurnal penelitian sebagai salah satu bentuk diseminasi hasil penelitian. Simpulan, berdasarkan deskripsi tersebut menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran berbasis proyek sangat efektif dalam meningkatkan kompetensi penelitian tindakan kelas mahasiswa sebagai kompetensi yang dibutuhkan dalam pengembangan kompetensi pedagogik ketika menjadi guru. 

Keywords

strategi, peningkatan, kompetensi, penelitian, berbasis project

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.